22730323_186134908613572_654129522014502868_n

Praktik Sidang Semu Akhiri Praktikum Peradilan Agama 2017

Hari kamis (2 november 2017) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Universitas Nurul Jadid melaksanakan acara lepas pisah mahasiswa praktikum peradilan agama. Sebanyak 29 Mahasiswa secara resmi telah menyelesaikan praktikum di Pengadilan Agama Kraksaan dan Situbondo.

Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dalam sambutannya mengucapkan terima kasih karena pihak Pengadilan Agama telah menerima baik kehadiran mahasiswa praktikum, beliau juga menambahkan Praktikum Peradilan Agama merupakan program rutin yang dilaksanakan dari tahun ke tahun oleh Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam ke lembaga-lembaga Peradilan, beliau berharap Mahasiswa dan Mahasiswi yang telah melaksanakan Praktikum selama satu bulan di Pengadilan Agama Kraksaan dan Situbondo bisa memperoleh wawasan dan pengetahuan yang bersifat praktis, secara khusus untuk mata kuliah yang terkait dengan pelaksanaan Praktikum yaitu Hukum Acara Perdata yang telah diperoleh dikampus dan Pengadilan Agama ini adalah tempat dimana mahasiswa mempraktikkannya, mulai dari proses penerimaan perkara sampai pada proses pemeriksaan perkara.

Dr. Hj. Lailatul Arofah selaku Ketua Pengadilan Agama Kraksaan ikut menyambut langsung acara Lepas Pisah Mahasiswa Praktikum. Dalam sambutannya, Ibu Laila berpesan kepada mahasiswa agar dalam kegiatan magang, di samping paham terhadap teori-teori tentang hukum acara perdata jug harus menguasai IT, karena mahasiswa harus bisa mensinkronkan informasi dengan dunia peradilan. beliau juga merasa bangga dengan mahasiswa dari nurul jadid karena tetap menjaga nama baik pesantren seperti jamaah sholat dhuhur dan ashar serta berperilaku sopan. harapan beliau mahasiswa dari pesantren nurul jadid bisa menjadi pembeda nantinya pada saat diterima sebagai hakim.

Di lain tempat Bapak Dr. Umar Manshur, MA selaku Wakil Dekan di samping ucapan terima kasih, beliau juga berharap pihak Pengadilan Agama Situbondo tetap menerima secara terbuka mahasiswa yang nantinya akan melakukan penelitian di Pengadilan Agama Situbondo meskipun masa praktikum telah selesai karena tujuan dari praktikum ini salah satunya selama praktikum mahasiswa juga aktif mencari permasalahan-permasalahan yang menarik dan aktual untuk dilakukan penelitian dalam skripsinya.

Acara ditutup dengan praktik sidang semu yang dilakukan oleh mahasiswa, mereka mensimulasikan proses pengajuan perkara masuk yang dilakukan oleh penggugat, ada yang berperan sebagai hakim, panitera, penggugat, tergugat, saksi dan lain-lain. dalam praktik ini mereka belajar menyelesaikan perkara cerai gugat.

<FSEI.MI.7>

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *