Fakultas Syari’ah merupakan salah satu fakultas cukup tua yang dikelola oleh IAI Nurul Jadid. Fakultas Syari’ah berdiri pada tahun 1980. Pendirian Fakultas Syari’ah merupakan kelanjutan dari pembukaan Fakultas Dakwah yang dibuka pada tahun 1954. Dengan bertambahnya prodi ekonomi syariah maka pada tahun 2014 Fakultas Syari’ah resmi berubah nama menjadi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dengan konsentrasi dua program studi diantaranya prodi Ahwal al-Syakhshiyyah dan Ekonomi Syariah.

Sejak berdiri sampai sekarang, jabatan dekan di Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam telah mengalami 7 (tujuh) periode kepemimpinan, yaitu sebagai berikut:

  1. KH. Abd. Haq Zaini Lc mulai tahun 1988 – 1998
  2. Drs. KH. Mursyid Romli mulai tahun 1998 – 1999
  3. Drs. KH. Nur Chatim Zaini mulai tahun 1999 – 2000
  4. Drs. KH. A. Malthuf Siraj, M.Ag. mulai tahun 2000 – 2008
  5. KH. Zainul Muin Husni, Lc. mulai tahun 2008 – 2012
  6. KH. Moh. Romzi, SH.,M.HI mulai tahun 2012 – 2014
  7. Syamsuri, M.HI mulai tahun 2014 – Sekarang

Sejak awal pembukaannya, Fakultas Syari’ah telah mengelola 2 jurusan, yaitu 1. Ahwal al-syakhshiyah (AS). 2. Perbandingan Madzhah (PMH). Jurusan Ahwal al-syakhshiyah (AS) sampai saat ini yang masih tetap eksis dan terus mengalami perkembangan, sedangkan Jurusan Perbandingan Madzhah (PMH) karena kurangnya peminat akhirnya ditutup (tidak diperpanjang izinnya), kemudian pada tahun 2011 diganti dengan jurusan baru, yaitu Ekonomi Syari’ah (ES). Alhamdulillah pada tahun 2013 Program Studi Ahwal al-syakhshiyah (AS) telah terakreditasi.

Dalam rangka mewujudkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, berbagai bentuk aktivitas lain selain program pendidikan atau pengajaran dan penelitian serta pengabdian pada masyarakat juga terus dikembangkan berbagai program di Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam IAI Nurul Jadid. Adapun bentuk aktivitas dimaksud diantaranya dengan melakukan penyuluhan hukum bagi jurusan AS, kegiatan ini telah selalu berupaya untuk memberikan kontribusi terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya dalam masalah rumah tangga/keluarga, sedangkan kegiatan untuk jurusan ekonomi syariah banyak melakukan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat dibidang usaha peningkatan ekonomi kreatif dan seminar-seminar tentang perkembangan ekonomi islam.

VISI MISI FAKULTAS SYARIAH & EKONOMI ISLAM

VISI

“Menjadi pusat pendidikan tinggi yang berwawasan keislaman, keilmuan yang profesional dibidang hukum Islam dan ekonom syariah di wilayah Jawa Timur”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sarjana hukum Islam dan sarjana ekonomi syariah yang mampu mengabdikan keahliannya sebagai praktisi hukum Islam dan praktisi ekonomi syariah
  2. Menjawab dan menyelesaikan persoalan-persoalan hukum Islam dan ekonomi syariah yang terjadi di masyarakat.
  3. Mengembangkan kajian dalam masalah hukum Islam dan ekonomi syari’ah.